Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

INFO PENTING bagi para Ibu! Begini Tips untuk Mengenali Gejala Alergi Pada Anak! Bantu Share ya

Alergi jadi hal yang sangat umum terjadi pada anak-anak, terutama jika orangtuanya memiliki riwayat alergi. Alergi merupakan reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh yang terdiri dari jaringan kompleks dan bersifat melindungi tubuh dari zat asing yang merugikan.

Pada mereka yang memiliki alergi, sistem kekebalan tubuh ini akan menafsirkan beberapa zat yang sebenarnya tak berbahaya, sebagai zat asing dan berpotensi merugikan. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh membuat zat seperti antibodi dan histamin IgE, yang dilepaskan ke dalam aliran darah untuk melawan zat-zat asing tersebut.

Setelah zat dilepaskan ke aliran darah akan muncul reaksi inflamasi atau peradangan di bagian tubuh yang berbeda, dan gejala alergi pun berkembang. Dari beberapa organ akan terlihat gejala ini.

Biasanya, reaksi alergi muncul pada kulit, sistem pencernaan, hidung. Pemicu alergi bisa banyak hal, seperti makanan, minuman, udara, debu, obat hingga tumbuhan tertentu.

Penanganan alergi ini sebenarnya bisa dimulai dengan mengenali gejalanya dan mencari pemicunya. Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi anak, serta kebiasaannya. Jika muncul gejala-gejala berikut, Anda bisa mengkonsultasikannya pada dokter anak untuk penanganan lebih lanjut.

1. Reaksi pada kulit

Kemerahan, gatal, bengkak, hingga terasa perih merupakan gejala umur reaksi alergi yang muncul di kulit. Pada beberapa kasus bahkan hingga memicu rasa kebas atau mati rasa pada kulit.


2. Sistem pencernaan

Reaksi yang muncul berupa mual, muntah, diare, dan kram perut.

3. Hidung

Serbuk sari dari tumbuhan jadi pemicu utama reaksi alergi pada hidung, atau bisa juga kondisi udara. Reaksi yang muncul biasanya hidung tersumbat atau meler, bersin, mata berair hingga merah, dan batuk. Anak-anak dengan gejala alergi sangat mungkin memiliki gejala asma, ditandai dengan napas yang cepat, berbunyi serta batuk kering.

Sumber: Meredith Corp / dream.co.id